Inilah 10 Jeram Paling Berbahaya di Dunia!

Ayo bagikan sebagai sedekah...
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Arung jeram sebagai salah satu olahraga yang memacu adrenalin identik dengan arus. Arus ini sendiri membentuk jeram yang merupakan perpaduannya dengan formasi unik batuan.

Pada umumnya sungai dengan debit air yang besar dan batu-batu tersembunyi di permukaan pasti menyembunyikan jeram yang “menyeramkan”.

Jeram juga memiliki levelnya sendiri. Tingkatan kesulitan dalam jeram biasa dikenal dengan nama grade.

Nah berikut beberapa jeram yang dijamin membuat bulu kuduk kamu berdiri.

1. Terminator – Futaleufú, Chili

Jeram Terminator dianggap sebagai jeram terbesar dari semua jeram yang ada di Sungai Futaleufu. Terminator termasuk ke dalam grade V, sehingga dibutuhkan keahlian mengendalikan perahu di atas rata-rata untuk dapat menembus jeram ini.

Perahu berpotensi besar terbalik karena gelombang yang kuat dan banyaknya batu-batu besar.

Artikel pilihan : 10% Discount Arung Jeram dan Penginapan di Caldera Citarik Buat Kamu!

2. Bidwell – Chilko, British Columbia

Sungai Chilko memiliki jeram yang panjangnya 14 mil (22.5 km) non-stop!

Banyak yang mengatakan bahwa jeram ini adalah jeram terpanjang diantara sungai grade IV di Amerika Utara. Bidwell memiliki tingkungan yang disebut tingkungan-S dengan alur seperti huruf “S”. Pendayung harus mengambil langkah yang tepat agar tidak terlempar dan berenang di sepanjang Jeram.

3. Big Drops – Colorado melalui Cataract Canyon, Utah

Drops dapat menyenangkan ketika Grade III namun sebagian orang pasti berpikir dua kali untuk mengalami drop ini. Pada saat air yang tinggi, Big Drops di Colorado dapat mencapai 18-kaki (5.5 meter).

Pada musim hujan, jeram ini adalah salah satu yang terbesar di Amerika Utara. Jeram ini pun lebih besar dari jeram-jeram lain yang ada di Cataract Canyon.

4. Lava Falls , Colorado melalui Grand Canyon, Arizona

Grand Canyon bukan hal yang asing di telinga para penggiat arung jeram. Lava Falls merupakan salah satu jeram paling berbahaya bagi para penunggang perahu karet.

Jeram yang panjang menuntut para pendayung untuk menghindari batu agar mencegah flip.

Lava Falls berpotensi menjadi hal yang paling menakutkan dari seluruh perjalanan di Grand Canyon.

5. Godzilla – Rio Upano, Ekuador

Sungai Rio Upano memiliki monsternya sendiri yang bernama Godzilla. Jeram yang satu ini dilengkapi dengan air terjun sehingga membuat gelombang arus setinggi 15 kaki (4.5 meter).

Para pendayung harus bekerja sama dari kanan ke kiri, tanpa terjebak ke dalam pusaran yang kuat.

6. Pillow Rapid – Gauley , Virginia Barat

Pillow Rapid masuk kategori grade V sehingga dibutuhkan manuver cepat untuk menghindari batu-batu besar.

Hal ini diperparah karena arus yang deras akan mendorong perahu untuk menghantam batu sehingga hal yang buruk sangat mungkin terjadi.

7. Ghostrider – Zambezi, Zambia

Sungai besar legendaris lain yang terkenal adalah Sungai Zambezi dengan jeram Ghostrider yang menjamin memacu adrenalin anda.

Jeram ini termasuk Grade V karena adanya tiga gelombang raksasa yang berdekatan sehingga membuat perahu berukuran besar dapat menghilang selama dua sampai tiga detik sebelum muncul lagi ke permukaan.

8. God’s House – Karnali, Nepal

Sungai Karnali di Nepal Barat memiliki beberapa jeram besar terbaik dunia tapi diantara semua itu ada jeram God’s House. Sungai grade V ini memiliki gelombang besar yang berpotensi untuk membalikkan mobil apalagi perahu karet.

Nama God’s House diberikan untuk mengingatkan bahwa ketika anda salah mengambil langkah, anda dapat bertemu dengan pemilik jeram tersebut.

9. Bull Sluice – Chattooga, Georgia

Sungai Chattooga yang terkenal memiliki Jeram bernama Bull Sluice. Untuk melakukan maneuver di Jeram ini cukup sulit, Anda harus melewati drop seperti air terjun dan melewati pusaran air yang besar seperti putaran dalam mesin cuci.

10.Clavey Falls – Tuolumne, California

Air terjun dalam jeram dapat menjadi neraka bagi penggiat arung jeram, Salah satunya adalah Clavey Falls di Sungai Clavey di Tuolumne.

Jeram ini termasuk dalam grade IV+ yang memiliki drop setinggi 8 kaki (2,5 meter).

Begitulah Jeram-jeram terkenal paling berbahaya di dunia. Apakah anda tertantang untuk melewatinya ?

Sumber : kumparan.com


Ayo bagikan sebagai sedekah...
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *