Inilah 10 Lokasi Arung Jeram Terbaik di Indonesia

Ayo bagikan sebagai sedekah...
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share

Kamu terbiasa liburan ke mana? Gunung, pantai, atau kulineran? Kalau bosan dengan liburan yang itu-itu saja, kamu bisa mencoba kegiatan yang agak ekstrem. Arung jeram atau rafting misalnya. Suatu aktivitas di luar ruangan yang memadukan unsur edukasi, kekompakan, dan petualangan.

Indonesia punya banyak lokasi arung jeram terbaik untuk pemula atau pun profesional. Kamu bisa mencoba beberapa di antaranya supaya liburanmu lebih berwarna:

1. Sungai Pekalen, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur

10 Lokasi Arung Jeram Terbaik di Indonesia, Berani Coba?
Sungai Pakelan merupakan lokasi arung jeram yang sangat indah, airnya jernih, dan alamnya sangat eksotis. Sungai Pekalen terletak di Dusun Angin-angin dan rutenya berakhir di Desa Pesawahan atau Desa Condong.
Arung jeram di sini mempunyai tingkat kesulitan III sampai IV. Terdiri dari Pekalen atas sejauh 12 kilometer, Pekalen tengah sejauh 7 kilometer, dan Pekalen bawah sejauh 10 kilometer.

2. Sungai Citarik, Sukabumi, Jawa Barat

10 Lokasi Arung Jeram Terbaik di Indonesia, Berani Coba?

 

Sungai Citarik di Taman Nasional Gunung Halimun ini mempunyai tingkat kesulitan III. Lokasi arung jeram ini akan memanjakan matamu dengan pemandangan indah dan udara segar.

Selain itu Sungai Citarik memiliki debit air yang cukup banyak, kondisi air cukup bersih, dan relatif stabil sepanjang tahun.

Artikel pilihan : 10% Discount Arung Jeram dan Penginapan di Caldera Citarik Buat Kamu!

3. Sungai Alas, Aceh

10 Lokasi Arung Jeram Terbaik di Indonesia, Berani Coba?
Sungai terpanjang di Aceh ini mempunyai tingkat kesulitan III hingga IV. Rutenya dipenuhi dengan belokan tajam dan arus deras, pas banget untuk memacu adrenalin.
Bagi pemula, sangat dianjurkan mengarungi Sungai Alas dari Muaa Situlen di Kutacane hingga Gelombang. Sedangkan yang sudah ahli, bisa mencoba rute dari Angusan. Tetap waspada ya, karena banyak hewan liar di sepanjang rute.

4. Sungai Asahan, Sumatera Utara

10 Lokasi Arung Jeram Terbaik di Indonesia, Berani Coba?

 

Jika Sungai Alas masih kurang menantang, kamu bisa mencoba Sungai Asahan di Sumatera Utara. Sungai ini mempunyai tingkat kesulitan IV sampai V.

Sungai Asahan biasanya digunakan sebagai perlombaan nasional maupun internasional bagi para profesional. Rute panjang sejauh 22 kilometer ini telah dinobatkan sebagai lokasi arung jeram terbaik ketiga di dunia.

5. Sungai Progo, Magelang, Jawa Tengah

10 Lokasi Arung Jeram Terbaik di Indonesia, Berani Coba?

 

Sungai Progo di Magelang juga tak kalah menantang dibanding dengan tingkat kesulitan hingga V. Sungai ini terbagi menjadi Progo bawah, Progo hulu, dan Progo atas.

Progo bawah mempunyai tingkat kesulitan V dengan jarak 16 kilometer. Sedangkan, yang lainnya sangat aman dengan tingkat tingkat kesulitan III. Kamu yang ingin puas bermain, bisa memilih rute Progo hulu sepanjang 26 kilometer.

6. Sungai Ayung, Bali

10 Lokasi Arung Jeram Terbaik di Indonesia, Berani Coba?

Selain keindahan pantainya, Pulau Dewata bisa memberikan banyak alternatif liburan, termasuk arung jeram. Lokasinya berada di Desa Rafting Bongkasa, Bali, terletak sekitar 12 kilometer dari Ubud.

Rute ini salah satu yang terbaik di Bali bagi para pemula. Tingkat kesulitannya II hingga III. Saking asyiknya, Presiden Amerika Serikat ke-44 Barack Obama pernah menyelesaikan tantangan di sungai sepanjang 12 kilometer ini pada Juni 2017 lalu.

7. Sungai Elo, Magelang, Jawa Tengah

10 Lokasi Arung Jeram Terbaik di Indonesia, Berani Coba?

Selain Sungai Progo, Magelang juga punya Sungai Elo sepanjang 12 kilometer untuk lokasi rafting. Banyak yang merekomendasikan bermain arung jeram di sana pada sore hari. Cahaya sorenya memberikan sentuhan yang unik pada pemandangan di sekitar sungai.

Tingkat kesulitannya II hingga III, dengan kondisi debit air sungai cukup stabil sepanjang tahun. Arus sungai Elo sangat idel saat musim kemarau untuk melakukan berbagai permainan air, seperti  flip-flop dan spinning.

8. Green Canyon, Pangandaran, Jawa Barat

10 Lokasi Arung Jeram Terbaik di Indonesia, Berani Coba?

 

Inilah tempat terbaik untuk melakukan rafting dengan cara yang berbeda. Arung jeram di sini tidak menggunakan rakit tetapi menggunakan ban, yang biasa disebut body rafting.

Kamu akan dibawa menyusuri sungai Cijulang hingga berakhir di Green Canyon dengan menempuh jarak 10 kilometer selama 4 sampai 5 jam. Sesuai namanya, kamu akan terpesona dengan keindahan sungai yang sangat asri dan menawan.

9. Sungai Nimanga, Sulawesi Utara

10 Lokasi Arung Jeram Terbaik di Indonesia, Berani Coba?

 

Sungai Nimaga terletak di Desa Timbukar, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara. Sungai ini memiliki lima rute arung jeram dengan tingkat kesulitan II sampai III.

Lokasinya sangat alami. Maka dari itu, kamu akan menemukan hewan liar seperti tarsius dan aneka jenis burung di pinggir sungai. Jangan lupa mencicipi minuman sauger ya, minuman sejenis arak atau minuman beralkohol khas Manado. Minuman ini dihasilkan dari hasil fermentasi pohon enau, rasanya asam, manis dan beralkohol.

10. Sungai Serayu, Banjarnegara, Jawa Tengah

10 Lokasi Arung Jeram Terbaik di Indonesia, Berani Coba?

Sungai Serayu mempunyai potensi alam yang luar biasa dengan kondisi air yang tenang. Serayu mempunyai ukuran sungai yang besar dan lebar.

Serayu masih kalah populer di kalangan pecinta arung jeram dibanding Sungai Elo dan Progo. Sungai Serayu memiliki rute panjang sejauh 24 kilometer dengan tingkat kesulitan III-IV.

Itulah 10 tempat terbaik sebagai lokasi arung jeram terbaik di Indonesia. Selama kamu mengikuti instruksi pemandu, tak akan ada yang perlu dikhawatirkan. Hati-hati ketagihan, ya!

Sumber : idntimes.com

Ayo bagikan sebagai sedekah...
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *