Inilah 8 Tempat Arung Jeram Terbaik di Jawa Barat

Ayo bagikan sebagai sedekah...
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Olahraga rafting menjadi wisata outdoor favorit setelah naik gunung. Mereka pecinta rafting yang memiliki jiwa petualang tinggi selalu ingin mencoba berbagai macam sungai dengan karakteristik jeram dan medan yang berbeda pula. Semakin tinggi tingkat kesulitan medan sungai, tentu akan lebih menantang.

Berikut beberapa wisata rafting di Jawa Barat yang bisa menjadi alternatif lain untuk Anda.

1. Rafting Sungai Cikandang

Foto berasal dari sini.

Bermain rafting atau arung jeram lebih seru jika dilakukan di sungai dengan arus yang deras. Sungai Cikandang memiliki kemiringan yang curam, sehingga jeram-jeram yang tercipta sangat menantang. Sungai dengang panjang 28 km ini mempunyai kualitas air yang baik. Air sungai Cikandang tergolong bersih. Kelebihan lainnya, debit air di sungai ini hampir tidak terpengaruh oleh musim. Sehingga Anda bisa mengarungi sungai ini kapan saja. Bujet yang harus disiapkan untuk mengikuti rafting di Sungai Cikandang sekitar 500.000 per orang.

2. Rafting Sungai Citarik, Sukabumi

Sumber foto berasal dari www.adventurparkia.com

Anda menyukai tantangan? Cobalah bermain rafting di sungai Citarik, Sukabumi. Selain bisa menjajal derasnya arus sungai Citarik, Anda juga bisa menikmati hijaunya pemandangan di sepanjang sungai.

Rafting Sungai Citarik berada pada posisi grade IV. Sungai yang memiliki grade IV memiliki karakteristik jeram panjang yang menyambung, kemiringan yang ekstrim dan bebatuan besar di sekitar jeram. Ada beberapa pilihan jarak yang bisa Anda pilih. Jarak 5 km, 9 km, atau 12 km dengan harga yang cukup ekonomis.

Artikel pilihan : 10% Discount Arung Jeram dan Penginapan di Caldera Citarik Buat Kamu!

3. Rafting Sungai Cimanuk, Garut

Sumber foto berasal dari www.panduanwisata.bandung.com

Apabila bermain rafting di Sungai Citarik dan Cikandang terlalu berat, rafting Cimanuk bisa menjadi pilihan. Selama Anda mengikuti kegiatan rafting di Sungai Cimanuk, Anda akan melewati kebun maupun pesawahan milik warga. Secara umum medan dan jeram rafting di Sungai Cimanuk cukup aman bagi para pemula kegiatan arung jeram.

Biaya yang harus Anda keluarkan untuk menikmati rafting di Sungai Cimanuk berkisar 350.000 hingga 875.000 per orang.

4. Rafting Sungai Palayangan, Pengalengan, Jawa Barat

Foto berasal dari sini.

Beda antara rafting di Sungai Palayangan dengan sungai lainnya adalah tipe sungainya. Rafting di Sungai Palayangan menggabungkan antara rafting dengan wisata air danau buatan Situ Cileunca.

Sungai yang tidak terpengaruh musim ini bisa diarungi sepanjang tahun dengan debit air yang relatif stabil. Dibutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk menikmati rafting di Sungai Pengalengan. Rafting di Sungai Pengalengan memperopleh grade III dan IV. Grade III berarti tingkat jeram pada grade ini semakin meningkat dan sulit. Grade ini memiliki spesifikasi jeram yang tidak beraturan, lebar sungai menyempit dan jeram sesekali dapat membalikkan perahu namun resiko masih relatif kecil. Sedangkan grade IV berarti sungai ini relatif panjang dan memiliki medan jeram yang cukup sulit.

Terdapat beberapa pilihan paket rafting di Sungai Pengalengan. Harga mulai dari Rp.150.000 /- Rp. 875.000 per orang.

5. Rafting Sungai Cikundul

Foto berasal dari sini.

Sudah menjajal ke semua rafting yang saya sebutkan sebelumnya? Rekomendasi rafting selanjutnya adalah rafting di Sungai Cikundul. Sungai yang terletak tidak jauh dari kota Cianjur memiliki jalur sepanjang 7 km.

Arus yang cukup deras dengan beberapa jeram yang cukup menantang bisa menjadi pilihan menarik bagi Anda yang beradrenalin tinggi. Udara di sekitar sungai yang sejuk bisa menyegarkan pikiran Anda. Jika kegiatan rafting masih belum cukup memuaskan liburan Anda, cobalah wisata motor off-road di sekitar sungai. Selain itu Dinas Pariwisata setempat telah mengelola wisata alam disekitar sungai, seperti Wisata Religi Dalem Cikundul, Wisata waduk Cirata, dan Wisata Danau Jangari.

Paket rafting yang ditawarkan mulai 250.000 hingga 650.000 per orang. Bagi Anda yang berminat ingin mencoba wisata arung jeram di Sungai Cikundul bisa menghubungi The Jhon’s Cianjur Aquatic Resort yang terletak di Kawasan Hutan Kota Cianjur Kp. Tangkil Desa Babakan Karet Cianjur.

6. Rafting Sungai Citatih

Foto berasal dari www.ranijourney.com

Salah satu primadona kegiatan rafting adalah rafting di Sungai Citatih yang terletak di Sukabumi. Sungai Citatih lebih lebar dan lebih dalam jika dibandingkan dengan sungai Citarik. Sungai yang memiliki stabilitas debit air cukup baik ini mempunyai jeram-jeram yang menantang. Track sungai sepanjang 22 km dengan total 20 jeram yang akan memacu adrenalin Anda.

Terdapat 3 pilihan paket rafting di Sungai Citatih. Paket tersebut disesuaikan dengan panjang track dan fasilitas yang ditawarkan. Harga mulai dari 275.000.

7. Rafting Sungai Cisadane

Rafting di Sungai Cisadane. SUmber foto berasal dari sini.

Sungai Cisadane adalah salah satu sungai yang berada di wilayah Kabupaten Bogor. Sungai Cisadane sering digunakan sebagai tempat wisata air yaitu rafting atau arung jeram. Aliran sungai yang cukup deras dengan kemiringan sungai yang tidak begitu tinggi menciptakan jeram-jeram yang cukup landai. Rafting di Sungai Cisadane cocok bagi anda yang ingin santai bermain rafting di sungai. Paket rafting di sungai Cisaden dihargai 225.000 per orang. Info lebih lengkap bisa menghubungi kontak ini.

8. Rafting Sungai Kalibaru

Sumber foto berasal dari www.adventure-galaxy

Jangan salah baca. Ini bukan Kalibiru, tetapi sungai Kalibaru. Rafting ini bisa dilakukan di Sungai Kalibaru yang terletak di bogor, tepatnya di daerah Sukaraja – Cimahpar.

Sungai Kalibaru merupakan sungai irigasi tidak terlalu besar dan debit air nya pun tidak terlalu deras. Sangat aman untuk dilewati perahu karet. Hal yang paling penting adalah hulu sungai terdapat pintu air (persis di sebelahnya bendungan katulampa) sehingga tidak perlu khawatir terjadi banjir bandang.

Sehingga rafting di sungai kalibaru bogor sangat cocok untuk family ataupun pemula. Paket rafting di Kalibaru dihargai 225.000 per orang.

Sumber : phinemo.com


Ayo bagikan sebagai sedekah...
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *